Pages

Kamis, 13 Januari 2011

Remaja dan HP

Para remaja masa kini seperti kita lihat tidak pernah lepas dari teknologi, Bermacam - macam alasan yang muncul saat ditanya bisa jadi membuat sebagian dari kita senyum - senyum atau justru jengkel luar biasa, perhatian mereka sudah terpecah kalau awalnya mereka hanya sekedar menjalin silaturahmi, tapi lambat laun penggunaan handphone dikalangan remaja sudah disalah gunakan, sebagai contoh: untuk "membantu orang tua" dalam hal belajarnya, apalagi kalau bukan untuk urusan nyontek (hehehehehe.....)

Bondowoso, banyak orang yang menyebutnya sebagai kota pensiunan atau justru sebagai kota mati, sepertinya kalau hal ini dihubungkan dengan dunia remajanya yang selalu "melek" tekhnologi sepertinya perlu di kaji ulang...bagaimana tidak, saat pelajaran berlangsung mereka disibukkan dengan hp, saat berkendara roda dua yang bukan tidak mungkin membahayakan keselamatan nyawa mereka justru asyik dengan obrolan - obrolan serunya tanpa memperdulikan keselamatan jiwanya.


Beberapa orang mengaku ketergantungannya pada ponsel telah mencapai taraf yang tinggi. Akan tetapi, sifat “memaksa” itu sangat relatif, tentunya. Di tempat-tempat yang jauh dari hingar-bingar perkotaan yang dibalut kemajuan teknologi, mungkin saja masyarakatnya masih belum mampu membayangkan wujud ponsel. Kemajuan peradaban manusia yang beriring dengan berkembangnya kebutuhan hidup, telah memaksanya kehadiran ponsel. Kehadirannya telah mengubah pola hidup manusia. Ponsel menjadi pemeran penting yang membentuk gaya hidup seseorang dan juga masyarakat. Kata orang pintar, inilah kemajuan zaman. Suka atau tidak kehadirannya tak dapat dielakkan. Terlebih dengan semakin canggihnya tipe-tipe hp belakangan ini yang juga bisa dijangkau untuk urusan harganya, tinggal pilih hp dengan tipe tertentu yang terhubung dengan internet atau dunia maya, bisa dipastikan seseorang akan lupa entah itu untuk urusan kerjanya atau belajarnya.


Dunia remaja adalah masa - masa indah yang harus dinikmati, bisa jadi slogan ini terus membudaya dikalangan remaja Bondowoso, mereka lupa kalau semuanya ada sisi negatif dan positif  yang perlu untuk dicermati. Sepertinya tidak ada kata - kata kapok dalam benak mereka saat mereka terkena razia hp di saat jam belajar mengajar berlangsung, bisa jadi kecanggihan terkhnologi belakangan ini membutakan sebagian besar dari diri kita, penyuluhan, himbauan untuk membatasi penggunaan internet yang merupakan media komunikasi paling canggih dewasa ini luput dari perhatian kita, sepertinya kita tersihir oleh keberadaannya.


Supaya kita tidak diperbudak oleh kehadiran alat komunikasi mungil yang multifungsi ini (hp), ada baiknya kalau kita mencari tahu sisi positif dan negatif dari barang mungil yang satu ini.

Dampak Positif dan Negatif Handphone

Kemajuan teknologi ponsel yang sangat pesat menimbulkan dampak positif dan negative bagi para penggunanya, khususnya para remaja.

Dampak Positif :
  1. Mempermudah komunikasi.
  2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
  3. Memperluas jaringan persahabatan.

Dampak Negatif :
  1. Mengganggu Perkembangan Anak :
    Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu remaja dalam menerima pelajaran di sekolah/di kampus. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ujian. Bermain game saat guru/dosen menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
  2. Efek radiasi
    Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya remaja lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen. 
  3. Rawan terhadap tindak kejahatan.
    Ingat, remaja dan pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat.
  4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku remaja.
    Jika tidak ada kontrol dari orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.
  5. Pemborosan
    Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja. 
Satu hal yang tidak dapat dihindari adalah teknologi pasti menghadirkan efek samping yang memengaruhi kehidupan manusia. Sekecil apa pun, teknologi pasti memiliki sifat “memaksa”, membuat manusia menjadi tergantung padanya.Mudah - mudahan kita bisa menggunakan hp ini secara bijaksana dan tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar